Thursday, May 26, 2011

Membangun Toko Online yang Sukses

Membangun Toko Online Dengan Thebloghost hosting unlimited 

Bertahun-tahun kami berkecimpung didunia pertoko-an online. Banyak sudah klien yang telah kami tangani, namun sayang bertahun-tahun ini kami hanya melayani pembuatan toko online saja tanpa memberikan pelatihan, tentang apa dan bagaimana. Alhasil, dari sekian banyak toko online yang telah kami buat, hanya beberapa saja yang berhasil bertahan, dan dari yang berhasil bertahan itu hanya sebagian kecil saja yang sukses menjalankan bisnisnya.

Saya mulai meneliti, mengapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Dengan mengesampingkan mengenai kualitas produk dan kejujuran seller, Ada beberapa faktor utama yang mengawali kegagalan dalam menjalankan toko online.

Kesalahan Dalam Toko Online

Kesalahan pertama adalah salah menempatkan posisi toko online. Banyak dari klien kami menganggap toko online merupakan sampingan dari bisnis utama, itu salah.. perlakukan toko online seperti bisnis offline. Toko online merupakan bisnis real, bukan bisnis maya.

Kesalahan kedua adalah menganggap promosi online menggunakan toko online merupakan sarana promosi yang gratis. Ketika memperlakukan toko online sebagai bisnis serius dan real, kita akan menyadari bahwa bisnis memerlukan biaya. Walaupun melalui internet dimana kita bisa mendapatkan banyak hal gratis, toko online merupakan bisnis yang memerlukan biaya. Usahakan minimal beriklan di facebook, set pengeluaran menurut budget Anda. Jangan takut mengeluarkan budget untuk beriklan.


Kesalahan ketiga adalah menelantarkan toko online. Toko online memang dapat diakses 24 jam sehari, namun bukan berarti Anda dapat menelantarkan tanpa mengurusnya. Toko online bukan website yang sifatnya otomatis (kecuali Anda membuat toko online affiliasi dari situs tertentu semisal amazon) jadi Anda perlu selalu menetapkan jadwal online Anda, semisal pukul 9.00 -17.00 dan cantumkan jam kerja tersebut di web Anda.

Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis online, jangan abaikan ke-tiga kesalahan diatas, semoga sukses!.

Oiya, sehubung dengan tulisan ini Thebloghost hosting unlimited akan segera membuka paket “managed e-commerce” yaitu kami akan membantu Anda membangun toko online, mambantu mengiklankan toko online Anda, membantu mengatur strategi penjualan Anda dll.. hubungi melalui email support@thebloghost.com ya untuk keterangan lengkapnya.

No comments:

Post a Comment